Bongkar Rahasia Resep Ayam Bakar Padang ala Rumah Makan

[caption id="attachment_1386" align="alignnone" width="628"]resep Ayam Bakar Padang resep Ayam Bakar Padang[/caption]

Bongkar Rahasia Resep Ayam Bakar Padang ala Rumah Makan – Masakan Padang terkenal dengan rempah yang melimpah, hingga menimbulkan cita rasa yang mampu menggugah selera makan. Bahkan keunikan bumbu yang mampu menggoyang lidah dapat meresap hingga ke tulang ayam. Anda tertarik untuk masak Ayam Bakar khas Minang Kabau ini? Mari simak bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya agar matang sempurna.

Bahan Kering dan Bahan Halus Ayam Bakar Khas Padang

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak Ayam Bakar Padang, dan di dalam resep ini untuk bumbu setengah ekor ayam. Jadi ketika Anda ingin memasak dalam ukuran untuk 1 ekor ayam, maka setiap bumbu dikalikan 2.  Begitu juga saat ayam yang ingin dimasak berjumlah 2 ekor, maka setiap bumbu Ayam Bakar berbumbu Padang ini dikalikan 4. Pada bumbu Ayam Bakar berikut untuk setengah ekor ayam berukuran sedang.

Siapkan santan kental tanpa campuran air sebanyak 450 ml. Masakan Padang memang hampir di setiap resepnya identik dengan penambahan santan, sehingga Ayam Bakar pun tidak luput dari pemberian sari kelapa ini. Cuci bersih masing-masing 1 lembar, daun kunyi dan daun salam. Gula, garam, dan kaldu bubuk yang seukupnya juga diperlukan untuk memperkuat cita rasa.

Jeruk nipis dicuci bersih, iris, lalu peras untuk diambil airnya sebagai penghilang bau amis pada ayam yang akan dibakar dengan bumbu khas Padang. Seperti saat Anda akan menggulai, batang sereh 1 buah pun dibutuhkan saat ingin membuat bumbu untuk Ayam Bakar. Semua bumbu tersebut tidak dihaluskan, dan ada bumbu lain yang perlu untuk dihaluskan dahulu untuk mendapatkan cita rasa khas dari resep Ayam Bakar Padang.

Berikut ini bahan-bahan bumbu yang dihaluskan untuk Ayam Bakar Padang. Bawang merah dikupas dan cuci bersih sebanyak 8 siung, sementara untuk baeang putihnya hanya 4 siung saja. Ini yang menjadi ciri khas dari masakan Padang, jumlah bawang merah selalu lebih banyak dibandingkan dengan bawang putihnya. 2 ruas kunyit yang sangat dianjurkan untuk dibakar terlebih dahulu, dan 3 butir kemiri agar bumbu Ayam Bakar Padang kental.

Lengkuas dan jahe masing-masing 1 ruas, daun jeruk dibuang tulangnya sebanyak 3 lembar, dan daun salam yang juga dibuang tulangnya sebanyak 2 lembar, serta 20 buah cabai merah. Seluruh bumbu yang wajib dihaluskan, bisa dihaluskan dengan mesin food processor atau secara manual dengan batu gilingan. Tidak ada keharusan dalam menghaluskan bumbu, karena rasa bumbu khas Padang didapat dengan takaran tepat.

Baca juga : Resep Nasi Krawu Anti Gagal, Mudah Dibuat di Rumah

Cara Memasak Ayam Bakar Khas Padang

Resep Ayam Bakar Padang yang pertama dilakukan untuk membuatnya ialah potong ayam sesuai selera, lalu cuci hingga bersih. Kemudian, lumuri daging ayam tersebut dengan air jeruk nipis serta garam. Pastikan seluruh bagian daging ayam terlumur hingga merata. Selanjutnya, cuci bersih kembali daging ayam tersebut dan tiriskan.

Tumis seluruh bumbu halus dengan minyak yang secukupnya, dan masukkan bumbu yang tidak dihaluskan. Setelah harum, masukkan seluruh daging ayam yang akan mendapatkan bumbu khas Padang, lalu aduk. Selanjutnya, santan kental masukkan secara perlahan, dan diaduk kembali. Koreksi rasa antara gurih, asin, manis, dan pedasnya apakah sudah nikmat bumbu khas Padang tersebut.

Apabila belum, tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya untuk mendapat cita rasa yang pas dari bumbu untuk Ayam Bakar Padang ini. Selanjutnya aduk yang rata dan masak hingga kuah santan menyusut, hingga mendapatkan tekstur bumbu dengan sedikit kuah.

Matikan kompor dan siapkan panggangan, jika sudah panas ayam dengan bumbu khas Padang siap dibakar, sambil diolesi dengan sisa kuah. Bakar ayam bumbu Padang dengan tingkat kematangan yang dinginkan. Resep Ayam Bakar Padang dijamin sedap, bumbu meresap hingga ke tulang.

 

Belum ada Komentar untuk "Bongkar Rahasia Resep Ayam Bakar Padang ala Rumah Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel