Resep Nasi Bakar Pedas Pakai Teri

[caption id="attachment_1408" align="alignnone" width="637"]resep Nasi Bakar Pedas resep Nasi Bakar Pedas[/caption]

Resep Nasi Bakar Pedas Pakai Teri – Kuliner asal Bandung memang selalu unik dan punya cita rasa tersendiri. Salah satunya ialah Nasi Bakar yang punya cita rasa pedas dan dibungkus dengan daun pisang. Makan langsung dengan alas daun pisang yang telah dibakar bersama nasi dan isiannya, tentu akan menambah selera makan. Bahkan Nasi Bakar kini bisa dijadikan pilihan menu untuk acara seperti arisan, ulang tahun, dan pengajian.

Nasi Bakar juga dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang bisa memberikan keuntungan lumayan di masa pandemi covid-19. Anda bisa menjajal resep membuat Nasi Bakar yang cukup ekonomis dan mudah dibuat berikut ini. Bahan lauk campuran Nasi Bakar bisa diganti sesuai dengan selera. Resep membuat Nasi Bakar berikut ini untuk 3 porsi ukuran sedang.

Bahan dan Bumbu untuk Nasi Bakar

Resep yang digunakan untuk membuat Nasi Bakar dengan cita rasa pedas ini menggunakan bahan isian ikan teri, dan jika Anda ingin menggantinya bisa menggunakan lauk yang lain, seperti ayam atau daging suwir. Siapkan nasi sebanyak 500 gram untuk 3 bungkus Nasi Bakar, dan jika ingin mendapat jumlah yang banyak bisa dikalikan setiap bahan dan bumbu seberapa banyak bungkus Nssi Bakar yang diperlukan.

Pada resep ini, Anda membutuhkan ikan teri goreng sebanyak 50 gram. Selanjutnya siapkan kurang lebih 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu, lauk campuran Nasi Bakar, serta nasi. Daun pisang secukupnya untuk membungkus nasi, dan lidi untuk merekatkan kedua ujung daun  pisang tersebut.

Selanjutnya siapkan bumbu kering yang meliputi 1 sendok teh garam, batang serai sebanyak 2 buah yang telah dicuci dan dimemarkan, daun jeruk penambah rasa dan aroma sebanyak 4 lembar, cabai rawit merah sebanyak 10 buah diris kecil atau sesuai selera, daun kemangi 1 ikat yang diambil daunnya saja, serta tambahan petai yang diris, jika Anda suka.

Selain itu, resep Nasi Bakar Pedas ini juga membutuhkan bumbu halus yang meliputi, bawang merah sebanyak 6 iung, dan bawang putih 7 siung, serta cabai keriting hijau sebanyak 10 buah. Haluskan bumbu untuk membuat Nasi Bakar yang pedas ini dengan menggunakan food processor atau secara manual dengan batu gilingan. Rasanya akan tetap sama  asal setiap bumbu memliki jumlah yang sesuai dengan resep.

Cara Membuat Nasi Bakar Pedas

Haluskan seluruh bumbu yang masuk dalam daftar bumbu halus untuk membuat Nasi Bakar yang pedas dengan campuran teri. Panaskan wajan yang cukup untuk mengaduk keseluruh bahan, dengan minyak yang secukupnya. Saat wajan dan minyak telah panas, masukkan bumbu halus Nasi Bakar tersebut, kemudian bumbu kering ikut ditumis hingga harum. Selanjutnya, masukkan nasi lalu aduk-aduk, tambahkan ikan teri.

Seluruh bahan diaduk hingga merata sama seperti Anda hendak membuat Nasi Goreng, bedanya pada resep Nasi Bakar pedas tidak ada tambahan kecap. Saat seluruhnya telah teraduk rata, maka matikan kompor, lalu siapkan daun pisang yang telah dilap dengan kain bersih untuk membungkus nasi. Ukuran 500 gram nasi pada resep untuk membuat Nasi Bakar ini bisa diterapkan menjadi 3 bungkus.

Baca juga : Resep Sambal Kentang ala Hajatan Bikin Ketagihan

Cara membungkusnya, letakkan nasi di bagian pinggir agak masuk ke dalam, lalu gulung dengan rapat tanpa diangkat. Selanjutnya, kedua ujung daun pisang tersebut disemat menggunakan lidi, dan siapkan alas untuk membakar nasi yang telah siap dibakar ini. Anda dapat menggunakan Teflon atau tungku khusus untuk membakar nasi yang punya cita rasa pedas dengan campuran teri dan petai yang pasti lezat.

Bakar hingga warna daun mulai kecokelatan, dan pastinya aroma khas daun pisang dan Nasi Bakar mulai menggoda selera. Angkat Nasi Bakar dari tungkunya, matikan api, dan sajikan di atas piring, tanpa membuang daun pisangnya. Kekhasan makan masakan resep Nasi Bakar Pedas pakai teri ialah makan menggunakan alas daun pisangnya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Nasi Bakar Pedas Pakai Teri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel